Twitter Update

Sep 6, 2010

Fakta Hari Raya!

Lebaran hampir tiba. Apa yang anda rasakan?? Pasti semua umat muslim bahagia menyambut hari kemenangan. Lalu apa yang telah dipersiapkan untuk menyambut lebaran?? kalau masalah ini rasanya tak bisa diurai satu per satu karena banyak sekali hal yang dilakukan orang muslim di Indonesia untuk mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan. Mungkin salah satunya membeli baju baru, bersih-bersih rumah dan lain sebagainya. Semuanya bergembira menyambutnya.Selain itu pada waaktu lebaran banyak makanan tersaji, saat bertamu, bahkan di rumah kita sendiri pasti banyak makanan yang dihidangkan.

Semuanya boleh saja bergembira, asalkan tidak berlebihan. karena sesuatu yang berlebihan tidak bagus hasilnya. Kali ini saya ingin mengurai sedikit tentang tradisi lebaran di Indonesia dan di daerah negara Islam di timur tengah. Memang banyak sekali perbedaan yaitu:
- Pertama di timur tengah proses haal bi halal atau saling maaf memaafkan dilakukan langsung setelah Sholat Ied di masjid, sedangkan di Indonesia kebanyakan halal bi halal dilakukan dengan mengunjungi rumah tetangga satu persatu.
- Kedua di timur tengah sangat jarang ditemukan acara mudik bersama, hal ini disebabkan oleh tingkat ekonomi mereka yang lumayan maju sehingga tidak perlu mudik secara masal, sedangkan di Indonesia sebaliknya.
- Dan terakhir inilah yang membuat kita ironis, yaitu orang timur tengah ternyata lebih senang menyambut Ramadhan ketimbang menyambut 1 Syawal. Sedangkan di Indonesia 1 Syawal menjadi sesuatu yang luar biasa sehingga banyak sekali kegiatan dilakukan di hari itu.

Mungkin itu yang bisa saya uraikan mungkin banyak kekurangan. So I`m sorry. Thank you..

0 comments:

Post a Comment