Pages

Nov 30, 2011

Go Green In Virtual World!

Bumi makin panas dan iklim sudah tak menentu. Cuaca ekstrim dan bencana alam sudah seperti menjadi langganan tiap ari hampir di seluruh dunia. Mungkin kita sudah banyak mengetahui apa yang menyebabkan  semua ini. Ya sudah pasti adalah Global Warming atau biasa kita kenal dengan Pemanasan Global.
Memang sejak beberapa dekade terakhir lapisan ozon di bumi mengalami penipisan yang bisa dibilang sangat drastis hingga timbul lubang-lubang ozon. Memang hampir bisa dkatakan mustahil untuk "menambal" lubang tersebut. Tapi setidaknya kita masih  bisa mengurangi dampak tersebut dengan perilaku "Hijau" atau perilaku cinta lingkungan. Mungkin dengan membuang sampah ke tempat yang seharusnya dan menggunakan plastik ramah lingkungann.

Nah di rubrik ini saya ingin membahas sekaligus mengajak kawan semuanya untuk hidup hijau di Internet atau dunia maya. Di Internet? Apa iya? Sudah pasti perilaku "hijau" di internet atau lebih luasnya dunia elektronik sangat diperlukan. Kali ini saya akan membagikan beberapa tips bagi para Blogger khususnya dan pengguna Internet(Computer) pada umunya tetang bagaimana hidup "hijau" di dunia maya. Mari kita mulai :

1. Untuk Blogger

Ini beberapa tips dari saya khusunya di bgian desain blog supaya lebih ramah lingkungan :
- Pilihlah desain blog atau website yang bersih dan sederhana
- Kurangi Widget atau hiasan blog yang sekiranya tidak perlu
- Kurangi jumlah artikel di halaman beranda karena dengan mmengurangi jumlah artikel akan mempercepat pemuatan suatu halaman
- Gunakan gambar-gambar yang sudah dikompres atau disusutkan ukurannya terlebih dahulu tujuannya sama seperti diatas mempercepat loading halaman..
- Isilah blog anda dengan sesuatu yang berguna supaya jika penjelajah internet sedang mencari data merka akan secara cepat dan mudah mendapatkan informasi.

Lalu apa hubungannya dengan Lingkungan? Suda jelas dengan makin cepat blog atau web kita dimuat itu berarti kita sudah mengurangi ribuan bahkan jutaan limbah energi yang dihasilkan gara-gara kelamaan browsing internet. Bahasa sederhananya seperti ini, jika kita lebih cepat dalam browsing kita maka kita akan lebih menghemt baterai pada laptop atau energi listrik pada PC.

2. Untuk User Internet (Computer)

User internet semakin hari semakin bertambah. Bahkan dalam 24 Jam sehari sudah milyaran alamat yang diketik oleh pengguna internet. Nah ini beberapa tips dari saya :

- Bagi yang menggunakan laptop usahakan agar tidak bekerja sambil charging baterai.
- Gunakan bateai seefisien mungkin dan secermat mungkin. Carilah sesuatu yang kita butuhkan saja.
- Usahakan tidak menggunakan screensaver yang berlebihan karena akan menamba beban energi yang diperlukan.

Nah itulah sedikit tips dari saya. Saya buat tips bukan karena saya sok tahu tapi karena saya ingin mengajak kawan-kawan semua untuk sadar lingkungan. Jika kita tidak bisa praktek di kehidupan nyata setidaknya kita masih bisa menghijaukan bumi di dunia maya. Sekian dan Terima Kasih!

Hafizh Rafizal Adnan,

5 comments:

  1. I'm nevertheless learning from you, as I'm trying to achieve my goals. I truly liked reading everything which is written on your website.Keep the stories coming. I enjoyed it!
    Hey! Just wanted to say great site. Keep up the good work!
    obst und gemüsereiniger

    ReplyDelete
  2. I couldn't resist commenting.
    Hey, nice blog with good info. I really like coming back here often. There?s only one thing that annoys me and that is the misfunctioning of comment posting. I usually shopbymark

    ReplyDelete
  3. ake a look at new stuff you post. Anyway, in my language, there will not be much good supply like this.
    Hello, I noticed a 3 of your interesting posted posts and wished to ask in case you would be keen on reciprocal pages? Team have weblog about alexis texas ass! Anyway, in my language, there usually are not much good source like this.
    Here it is in a nutshell: You shopbymark

    ReplyDelete
  4. how goes it I valued your grand, weblog
    I just wanted to develop a quick messageSarah Berger

    ReplyDelete
  5. Just a and a highly interesting post to stumble at on this nice site! Never input any reply but now i couldnt i could not resist ..
    Thank you so much, nice job! This was what I had to know.
    Nice and a highly interesting post to stumble at on this awesome blog. Never post some input only now just could not resist .
    sodium hypochlorite amazon
    china air purifier
    korean air purifier brands

    ReplyDelete